Cara Menghemat Kuota

Cara Menghemat Kuota - Hallo sahabat semuanya, Bagaimana dengan Kuota Anda ? Apakah Boros apa Sangat Boros Sob? semua pengguna Smartphone sangat jengkel ketika mengalami pemborosan kuota, apalagi kondisi kantong sudah minus sekalali.

Nah... Jika anda mengalami seperti saya sangat boros kuota, silahkan simak bagaimana Cara Menghemat Kuota yang kita gunakan pada smartphone kita.

Tips ini bisa digunakan diberbagai Provider/ semua kartu perdana, jika anda tertarik dengan Tips yang saya gunakan ini, mari kita simak caranya di bawah ini :

Cara Menghemat Kuota Internet

1. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

Cara Menghemat Kuota yang pertama adalah Anda harus membatasi penggunaan data di masing-masing Aplikasi, artinya Anda harus membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi atau layanan yang ada untuk membuat pengematan kuota. 

Bagaimana Cara Pengaturannya ?


Adapun Cara pengaturannya adalah silahkan Anda mengaksesnya menu "SETTING" pada aplikasi yang ingin Anda atur, di sini saya akan memberikan contoh dalam pengaturan Aplikasi Google Photos. Silahkan Anda Masuk ke Settings ==> Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data dan di sana akan terlihat Opsi penghemat data, silahkan anda sesuaikan saja.

2. Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Cara Menghemat Kuota yang kedua adalah Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data) artinya Aplikasi yang anda gunakan/install pada handphone anda membutuhkan data untuk menjalankannya dan walaupun aplikasi tersebut tidak dijalankan tetapi aplikasi tetap akan memakan kuota.

Bagaimana Cara Pengaturannya Agar tidak Memakan Kuota ?


Nah... inilah yang harus kita perhatikan dalam menggunaka handphone canggih di era globalisasi ini. Pertama silahkan Anda mematikan penggunaan data pada background handphone Anda dengan cara silahkan Anda masuk ke menu Settings ==> Data Usage ==> Tap tiga garis vertikal di kanan atas ==> Restrict Background Data ==> Kemudian Klik OK. 

Saya rasa Tips Kedua ini sangat ampuh dalam Menghemat Kuota Internet Anda, tetapi langkah ini mempunyai kekurangan dalam menerima notifikasi secara otomatis.

3. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Cara Menghemat Kuota yang ketiga adalah Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan artinya bahwa Aplikasi yang ada dalam smarphone anda akan melakukan sinkronisasi data dan itu akan memakan kuota yang sangat besar, artinya kuota anda akan terasa cepat ketika akun-akun aplikasi yang terpasang dalam smarphone anda melakukan sinkronisasi.

Bagaimana Cara Mengatasinya ?


Adapun Cara Mengatasi/Menghemat Kuota, silahkan Anda mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada yang jarang digunakan. 

Pertama silahkan Anda masuk ke Menu Settings ==> Accounts ==> Kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara inilah Kota Anda akan terasa sangat hemat sekali.

4. Ubah fitur Maps Anda ke Mode Offline

Langkah ke Empat Cara Menghemat Kuota adalah dengan Cara Mengubah fitur Maps Anda ke Mode Offline, silahkan anda lakukan dari penggunaan Aplikasi Maps Anda dalam pengaturan Maps pada smartphone dari mode online ke mode offline. 

Adapun ntuk platform Android, Anda bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Setelah itu Anda bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan "Save map to use offline". Dari sini Anda bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Untuk platfom iOS, Anda hanya perlu mengubah mode ke flight mode.

5. Batasi Update Aplikasi

Langkah terakhir adalah untuk menghemat kota dengan cara membatasi update aplikasi, hal ini bisa menghemat kuota anda, bahkan jangan lakukan Update Aplikasi secara Otomatis Kecuali Jika Smartphone Anda Terhubung dengan WiFi.


Itulah 5 Cara Menghemat Kuota Internet anda yang bisa kami bagikan kembali, mungkin tips ini sudah banyak di bahas di internet tetapi kami mengambil 3 Cara ini saja, sebab yang lainnya akan mengikuti dalam Menghemat Kuota Internet, jangan lupa bagikan kembali ke jaringan sosial agar teman-teman kita bisa melakukan 3 Cara Menghemat Kuota Internet ini.

1 Response to "Cara Menghemat Kuota"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete