CARA EDIT HTML TAMPILAN BARU PADA BLOGGER


Pada bulan April ini, Blogger mengubah tampilan Edit HTML. Akibatnya banyak peblogger yang kesulitan dalam pengeditan kode HTML pada Template blog yang dikelolanya.

Pada Edit HTML sebelumnya, terdapat tombol Expand Template Widget yang apabila diklik akan mucul seluruh kode HTML pada template sehingga memudahkan mencari kode tertentu yang ingin diubah atau ditambah.
Pada tampilan baru tombol Expand Template Widget tidak lagi ditampilkan sehingga menyulitkan para peblogger untuk melakukan Edit HTML.

Dari hasil coba-coba, secara tidak sengaja akhirnya dapat juga mencari kode yang ingin diedit atau ditambah dengan menggunakan tombol pencarian (Ctrl+F). Cuma saja jangan salah ketika menggunakan Ctrl+F karena tanpa mengetahui caranya ,kotak pencarian dengan Ctrl+F akan tampil biasa yaitu pada bagian sudut kiri bawah. Dengan cara tersebut, anda tidak akan menemukan kode yang akan dicari.

Sebagai bahan panduan, dibawah ini merupakan cara mencari kode template pada tampilan baru Edit Template Blogger.
  1. Masuk ke bagian Edit HTML, tampilannya akan terlihat seperti ini. 
  2. Aktifkan kursor/klik pada kode HTML, kemudian tampilkan kotak pencarian dengan Ctrl+F. Kotak pencarian akan muncul pada sudut kanan atas dari kode template. Tampilannya seperti ini. 
  3. Masukkan kode yang ingin dicari pada kotak pencarian  kemudian tekan enter. Kode yang dicari akan terlihat dengan warna hijau. Tampilannya seperti ini.  
  4. Setelah ketemu kode yang dicari berikutnya tinggal melakukan pengeditan baik pengurangan atau penambahan kode sesuai tips yang sedang anda gunakan.
Secara Lengkapnya, tombol-tombol yang terdapat pada tampilan baru Edit HTML pada Blogger :
  1. Kembali : Untuk kembali pada halaman utama Edit HTML
  2. Simpan Template : Untuk menyimpan perubahan yang telah anda lakukan pada template blog anda.
  3. Lompat ke Widget : merupakan jalan pintas untuk mengedit widget melalui template.
  4. Edit Template : untuk melakukan pengeditan template baik untuk menghapus maupun menambah kode. Tombol ini merupakan tombol yang aktif waktu pertama kali membuka Edit HTML.
  5. Pratinjau Template : Untuk melihat tampilan blog setelah dilakukan pengeditan/perubahan pada kode HTML template.
  6. Kembalikan Template Widget ke Default : Jika tidak terpaksa jangan menggunakan tombol ini karena akan menghilangkan beberapa fungsi tertentu.
  7. Format Template : belum diketahui fungsinya secara pasti.
  8. Kembalikan Perubahan : untuk mengembalikan perubahan yang dilakukan pada template jika anda ragu akan hasilnya
Demikian tutorial tentang Cara Edit HTML tampilan Baru pada Blogger dan Selamat mencobanya, semoga sukses dan berhasil ...!!!

0 Response to "CARA EDIT HTML TAMPILAN BARU PADA BLOGGER"

Post a Comment