Tutorial Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV

Tutorial Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV - Pada kesempatan ini My Kumpulan Tutorial akan memposting Tutorial Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV, dan saya rasa hal ini sangat dibutuhkan oleh kita, ketika Remote TV Rusak atau sudah tidak kebeli lagi... Heee... Hee...

Sobat sudah mengetahui dengan kecanggihan smartphone sekarang, sistem operasi Android memang bisa di Oprek sesuka hati. Ada beberapa pengguna yang melakukan root, Custom Room pada Androidnya demi mendapatkan performa yang lebih. Banyak juga yang hanya memanfaatkan dukungan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store baik yang gratis ataupun berbayar. 

Nah jika remote televisi sobat dirumah mati alias rusak atau kagak kebeli lagi, kini sobat bisa mengubah ponsel Android sobat menjadi Remote Kontrol.
Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV
Sebenarnya beberapa smartphone sudah ada yang dibekali fitur remote untuk beberapa perangkat elektronik seperti DVD, TV, Sound system bahkan AC, salah satunya adalah Sony Xperia Z2. Biasanya untuk mengkoneksikan antara smartphone dan perangkat elektronik tersebut menggunakan wifi, bluetooth atau infrared. Namun smartphone android yang belum dibekali oleh fitur remote ini, bisa mengubah Android menjadi remote TV atau AC dengan memanfaatkan Aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Bahkan semakin berkembangnya teknologi, beberapa brand perangkat elektronik sudah menyediakan software yang bisa menghubungkan smartphone android anda ke perangkat elektronik buatan mereka.

Kali ini My Kumpulan Tutorial akan memberikan tutorial Cara / Tutorial Mengubah Android menjadi Remote TV dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi remote yang tersedia di Google Play Store salah satunya adalah IR Remote. Simak tutorial lengkapnya berikut ini :
  1. Download dan Instal aplikasi IR Remote di Google Play Store melalui smartphone android anda.
  2. Tunggu sampai proses selesai dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Anda akan menemui beberapa menu, pilih IR Database dan kemudian pilih brand atau merek Televisi anda. Misalnya Panasonic, atau LG.
  4. Selanjutnya anda akan dibawa pada sebuah interface layaknya sebuah remote TV.
  5. Melalui interface atau antarmuka tersebut anda bisa mengganti chanel TV atapun mengubah volume suaranya.
Bagaimana cukup mudah bukan....!! Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV. Selain IR Remote ada juga aplikasi Samsung IR-Universal Remote. Menariknya aplikasi buatan Power7 ini tidak hanya bisa digunakan untuk remote TV saja melainkan beberapa perangkat elektronik seperti AC, DVD player, media player, xbox 360, hifi dan masih banyak lainya. 

Aplikasi Samsung IR-Universal Remote tersedia dalam dua pilihan yakni yang gratis dan berbayar. Aplikasi ini menggunakan infraRed sebagai koneksinya. Interface yang disediakan Samsung IR-Universal Remote akan menyesuaikan dari tipe produk perangkat elektronik. Aplikasi remote yang satu ini berukuran 1,9 mb dan sudah kompatibel dengan OS Android 2.2 ke atas.

Selain aplikasi IR Remote dan Samsung IR-Universal Remote ada juga aplikasi LG TV Remote yang bisa mengubah android menjadi remote TV. Menariknya aplikasi remote yang dikembangkan oleh LG Electronic ini menggunakan wifi untuk koneksinya. Namun memang hanya bisa dilakukan untuk Smart TV saja. Aplikasi ini berukuran 10 mb dan juga kompatibel dengan sistem operasi Android versi 2.2 ke atas.

Sumber Artikel : My Phone 101

Demikian Tutorial Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV, yang bisa saya sampaikan, dan mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Tutorial Cara Mengubah Android Menjadi Remote TV"

Post a Comment